SDM Komunikasi di Era Kompetisi Global

Antar Venus

Abstract


Era kompetisi global menghadirkan beragam tantangan bagi para praktisi dan teoretisi komunikasi, Tantangan tidak hanya datang dari percepatan-percepatan teknologi informasi/komunikasi, melainkan juga muncul dari kesepakatan-kesepakatan kerjasama internasional yang berimplikasi pada masuknya Indonesia dalam kancah persaingan global. SDM Komunikasi perlu mengembangkan diri guna mengantisipasi persaingan di era global ini. Pengembangan tersebut dapat ditunjang melalui pembenahan paradigma belajar yang bersifat general, pembenahan institusional, dan pembenahan dalam tataran individual.


Keywords


Sumber Daya Manusia, Manajemen Komunikasi, Globalisasi

References


Buchori, Muchtar. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.

Celente, G. 1997. Trends 2000 (Edisi Indonesia). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Drucker, Peter F. 1993. Post Capitalist Society. Butterworth Heinemenn.

Hamidjojo, Santoso. 2000. ""Landasan Ilmiah Komunikasi"". Bandung: Mediator Vol. I No.1.

Howard, Godfray. 1992. Getting Through. U.K.: David & Charles.

Mahayana, D. 1999. Menjemput Masa Depan. Bandung: PT Rosda Karya.

Marshal, S.P. The Organization of the Future. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v3i2.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License