The Influence of President Joko Widodo's Instagram Content on Beginner Voters Participation in the 2019 General Elections
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriadi, F. (2017). Partisipasi Politik Virtual Demokrasi Netizen di Indonesia. Jakarta: PT. Semesta Rakyat Merdeka.
Andayani, D. (2018). Ada 5 Juta Pemilih Pemula di Pemilu 2019. Diakses dari: https://news.detik.com/berita/d-4215354/ada-5-juta-pemilih-pemula-di-pemilu-2019
Althoff, R. (2003). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Rajawali Press.
Budiardjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Belch, G. dan Belch, M.E. (2009). Advertising and Promotion: An Intergrated Marketing Communication Perspective. 8th edition. New York: McGraw Hill.
Damar, A. M. (2017). Jokowi Pemimpin Dunia Ke-5 Dengan Follower Terbanyak di Instagram. Diakses dari: https://www.liputan6.com/tekno/read/2928257/jokowi-pemimpin-dunia-ke-5-dengan-follower-terbanyak-di-instagram
Dewi, E. (2017). Political Communications, State, and Institutionalization of Democracy. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(2), 133-142. doi:https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.2735
Fajrina, H. N. (2016). Apa Saja yang Diunggah Akun Instagram @Jokowi?. Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160129145826-185-107600/apa-saja-yang-diunggah-akun-instagram--jokowi
Febbyana, D. C. (2018). Pengaruh Konten Instagram Terhadap Minat Berkunjung Konsumen (Studi Kuantitatif Mengenai Pengaruh Kandungan Pesan Foto, Gaya Komunikasi dan Kualitas Informasi Pada Akun Instagram Klinik Kopi terhadap Minat Berkunjung Konsumen ke Klinik Kopi di Yogyakarta Tahun 2017). Tesis. Program Pasca Sarjana. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, U., & Jauhari, K. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Partisipasi Politik Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Jurnal ASPIKOM, 4(1), 45-59. doi:http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v4i1.385.
Hutomo, R. (2017). Partisipasi Politik: Instagram Sebagai Media Untuk Berekspresi. Diakses dari: inofmed.com/2017/05/partisipasi-politik-instagram-sebagai.
Iskandar, D., & Isnaeni, M. (2019). Penggunaan Internet di Kalangan Remaja di Jakarta. Communicare: Journal of Communication Studies, 6(1), 57 - 72. http://journal.lspr.edu/index.php/communicare/article/view/59
Katadata. (2018). Berapa Pengguna Instagram Dari Indonesia? Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/09/berapa-pengguna-instagram-dari-indonesia.
Mattern. (2017). Instagram. North Mankato, Minnesota, United States of America: Abdo Publishing.
Manik, H. K., Pamungkas, S., Rizkyansyah, F. K., Gumay, H. N., Budhiati, I., Budiman, A., & Ardiantoro, J. (2015). Pedoman Pendidikan Pemilih. Jakarta: Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.
Panji, A. (2016, Januari 29). Jokowi Ungkap Akun Instagram Resminya. Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160129102402-185-107527/jokowi-ungkap-akun-instagram-resminya
Putri, D. A., Nugraha, L. K., Kenawas, Y. C., & Sinulingga, A. (2014). Dari Konstituen ke Konsumen: Strategi Komunikasi Partai Politik di Layar Kaca. Jakarta Pusat: Centre for Innovation Policy and Governance Indonesia Sustainability Centre.
Romli, A. S. M., (2014). Komunikasi Politik. Jakarta.
Salman, A., & Saad, S.(2015). Online Political Participation: A Study of Youth Usage of New Media. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/282465683_Online_Political_Participation_A_Study_of_Youth_Usage_of_New_Media
Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tobroni, R. (2018). Penerapan “Civic Journalism” PR FM Dalam Membangun Iklim Demokrasi di Jawa Barat. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 140-154. doi:https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3726
Viani, A. N. (2017). Pengaruh Twitter Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Remaja dalam Pilkada Serentak 2015 pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2014. Tesis. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yudhianto. (2017). 132 Juta Pengguna Internet Indonesia, 40% Penggila Medsos. Diakses dari: https://inet.detik.com/cyberlife/d-3659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-penggila-medsos
Zhang, X., & Lin, W. Y. (2014). Communication. Political Participation in an Unlikely Place: How Individuals Engage in Politics through Social Networking Sites in China. Diakses dari: https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/view/2003
DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5161
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License