Metodologi Penelitian dalam Sebuah "Multi-Paradigm Science"

Dedy Hidayat

Abstract


Ketidakjelasan paradigma serta posisi metodologi dapat mempersulit peneliti sewaktu melakukan penelitian. Selain akan menyulitkan peneliti dalam menetapkan "goodness" atau "quality criteria" dalam melakukan penelitian. juga akan menyebabkan hasil riset menjadi amat terbuka terhadap kritik dari berbagai perspektif yang berbeda. Dalam Ilmu-Ilmu sosial. termasuk ilmu komunikasi. terdapat beragam paradigma atau perspekstif sebagai fondasi filosofiS yang dapat digunakan dalam penelitian. dan masing-masing memiliki quality criteria berbeda. Di antara paradigma itu adalah paradigma klasik, kritis, dan konstruktivis. Dalam hal ini, isu pokok yang sebenarnya bukanlah pembedaan antara penelitian kuantitatif dengan kualitatif tetapi perbedaa epistemologi, ontologi. dan aksiologi antarparadigma yang ada. Seorang periset komunikasi bebas memilih akan "melandaskan kajiannya dari perspektifmana pun. Namun, dari beragam hal yang menentukan kualitas penelitian-seperti kerangka pemikiran dan signifikansi penelitian-pemahaman penelitian mengenai paradigma penelitian yang diplihnya. tampaknya. merupakan yang terpenting


Keywords


metodologi, peneliti

References


Crotty, Michael. 1998. The Foundations of Social Research. Meaning and Perspective in the Research Process. St. Leonards: Allen & Unwinn.

Denzin, Norman K. 1988. The Research Act. Revised edition. New York: McGraw-Hill.

Denzin, Nonnan K. and Yvonna S. Lincoln. 1994. Handbook of Qualitative Research. Thousand Oaks, London, New Delhi: SAGE Publications.

Guba, Egon G. Ed. 1990. The Paradigm Dialog. Newbury Park, London, New Delhi: SAGE Publications.

Lindlof, Tomas R. 1995. Qualitative Communication Research Methods. Thousand Oaks, London, New Delhi: SAGE Publications.

Neuman, Lawrence W. 1997. Social Research Methods: Quantitative and Qualitative Approaches. Boston: Allyn and Bacon.

Singleton, Royce, et. al. 1988. Approaches to Social Research. New York, Oxford: Oxford University Press.

Stempel, Guido H., and Bruce H. Westley. Eds. 1981. Research Methods in Mass Communication. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Wallace, Walter. 1979. The Logic of Science in Sociology. New York: Aldine Publishing Company.

"




DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v3i2.766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

   

 


Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License