Pengembangan Media Panggung Boneka Tangan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardelia, M., Santosa, A., & Setiati, G. (2019). Perancangan Fasilitas Penyimpanan dan Pembelajaran Kreativitas untuk Anak Usia Dini. Jurnal Intra Vol.7 No 20, 7(2), 802–808.
Faas, S., Wu, S.-C., & Geiger, S. (2017). The importance of play in early childhood education: A critical perspective on current policies and practices in Germany and Hong The Importance of Play in Early Childhood Education: A Critical Perspective on Current Policies and Practices in Germany and . Global Education Review, 4(2), 75–91.
Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 134–139.
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Humairotil, & Ibrohim, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak Pada Media Panggung Boneka Di Ra Sabilunnajah. Waladi, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.61815/waladi.v1i1.118
Kristiantari, R. (2021). Efforts to Improve Learning Motivation and Understanding in Early Children Through Serial Picture And Hand Puppet. International Journal of Elementary Education, 5(4), 537. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.41143
Kurniawati, A., Nurhayati, S., & Rukanda, N. (2024). Enhancing Early Childhood Education Teachers’ Creativity through Professional Development Training Program. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 141–149. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.537
Kurniawati, D., & Musa. (2022). Pembelajaran Dengan Media Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 93–114. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.75
Kurniawati, R., Kristiana, D., & ‘Azam Muttaqin, M. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Project Based Learning Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Pada Kurikulum Merdeka di TK Dharma Wanita. Generasi Emas, 7(2), 23–37. https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18339
Langit, A. D. S., Putra, P. D. A., & Ridlo, Z. R. (2024). Pengaruh Media Virtual Reality Berbantuan Software Millealab Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 1006–1015. https://doi.org/10.29100/.v6i3.5129
Maharani, A., & Fatmawati. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1335–1340.
Mahmud, B. (2024). Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. EDUCHILD: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 93–102.
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589
Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220222_100716.pdf
Rachmawati, P., Ab’ur, A., Prasanty, A. P., Abhinaya, M. Z., & Arifin, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Boneka Tangan” Upaya Meningkatkan Literasi Dan Kreativitas Anak Usia Dini Di Taman Baca …. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/15472
Ristek, K. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Berbagai Permainan. BBGP. https://bbgpjabar.kemdikbud.go.id/meningkatkan-kreativitas-anak-usia-dini-melalui-berbagai-permainan__trashed/
Sakti, A. N. L., & Sit, M. (2024). Analisis Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 844–852. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Smith, K., Pickering, A., & Bhattacharya, J. (2022). The Creative Life: A Daily Diary Study of Creativity, Affect, and Well-Being in Creative Individuals. Creativity Research Journal, 34(4), 460–479. https://doi.org/10.1080/10400419.2022.2122371
Sudarti, Yuniarti, & Elianti, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Sains, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 5(2), 108–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/j-sanak.v5i02.4917
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. alfabeta.
Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876
Tyaningsih, R. Y., Pramestie Wulandari, N., Junaidi, Hamdani, D., & Putranto, S. (2021). The effect of group mentoring learning on student’s creativity in solving partial differential equations problems. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012040
Yee, L. J., Mohd Radzi, N. M., & Mamat, N. (2022). Learning Through Play in Early Childhood: A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 11(4), 985–1031. https://doi.org/10.6007/ijarped/v11-i4/16076
Yeh, C. W., Hung, S. H., & Chang, C. Y. (2022). The Influence Of Natural Environments On Creativity. Frontiers in Psychiatry, 13(3). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.895213
Yuliantina, I., & Mariana, A. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 405–412. https://doi.org/10.29313/ga
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.14296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.