Pengaruh Penerapan Model Experiential Learning terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia Dini di TKIT Cobig
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak Di TKIT Cobig dengan menggunakan experiential learning. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dan menggunakan desain Non-equivalent Kontrol Group. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 anak didik usia 5-6 tahun dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uj independent.
Adapun tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi anak usia dini sebelum dan setelah penerapan metode direct instruction pada kelompok kontrol; 2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi anak usia dini sebelum dan setelah penerapan experiential learning pada kelompok eksperimen; 3) untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model experiential learning dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Berdasarkan hasil uji hipotesis sesudah pemberian perlakuan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai tertinggi pada saat pretest pada kelompok eksperimen sebesar 21, sedangkan pada posttest sebesar 28 dan pada kelompok kontrol nilai terendah sebesar 14 dan nilai tertinggi sebesar 21. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model experiential learning terhadap kemampuan literasi anak usia dini di TKIT Cobig.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anjarwati, F. (2023). Manfaat Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini, 1(2), 39-4
Baharuddin & Wahyuni, S.N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Cabell, S. Q., Justice, L. M., Logan, J. A. R., & Konold, T. R. (2013). Emergent literacy profiles among prekindergarten children from low-SES backgrounds: Longitudinal considerations. Early Childhood Research Quarterly, 28(3), 608-620
Cahaya. (2017). Metode VAT Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Tunarungu di Kabupaten Gowa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. 3(1), 162-169. p-ISSN: 2443- 2202. e-ISSN: 2477-2518.
Dhieni, Nurbiana. dkk. (2009). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fauziah Nasution, Siregar, A., Arini, T., & Vira Ulfia Zhani. (2023). Permasalahan
Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyengangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hasan, M., Arisah, N., Dinar, M., Rahmatullah, R., & Nurdiana, N. (2023). Model Experiential Learning untuk Mengembangkan Karakter Kewirausahaan Berbasis Budaya Lokal pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Hayati, Riza Sativani. Pendidikan Lingkungan Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20.1 (2020), 63–82 https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.29039.63-82
Herlina, H., & Amal, A. (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Jafar, F. S., & Satriana, M. (2018). Penerapan model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan bahasa ekspresif anak usia dini.
Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(1), 60-72
Kolb, Alice Y. & Kolb, David A. 2008. Experiential Learning Theory: A Dynamic, Holistic Approach to Management Learning, Education and Development. http://learningfromexperience.com/media/2010/08/ELT-Hbk-MLED-LFE-website-2-08.pdf (e-book diakses tanggal 27 Maret 2023)
Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung:Remaja Rosdakarya
Marwiyati, S., & Hidayatulloh, M. A. (2018). Peran "Cakruk Baca Bergerak" Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak,4(2), 61.
Muharram, M., Herman, H., Putri, R., & Ardianti, S. (2022). Peran Guru PAUD Membuat Lingkungan Belajar Multiliterasi yang Berorientasi Berpikir Desain Tata Ruang di RA Al-Nisa Labschool Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah IAIN Bone. JUrnal PAUD AGAPEDIA, 6(1), 79-90.
Muthmainnah., Maryatun, I.K., Cholimah, N.(2015). Pelatihan pengembangan Metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4 (2).
Ningrum, N. C. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Fun Cooking Di Kelompok a Tk Pkk 62 Tridaya Canden Jetis Bantul Improving Child Independence Through Activities Fun Cooking in Group a. Pendidikan Anak Usia Dini, 326–335
Nugraha, J., -, S., & -, M. (2021). Pengembangan Modul Seni Musik Berbasis Experiential learning untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Anak didik Sekolah Dasar. el-:Journal of Primary Education, 4(2), 189
Pujaningtyas, S. W. M. E. L. P. S. A. U. M. P. Y. M., Kartakusumah, B., & Lathifah, Z. K. (2019). Penerapan Model Experiential learning Pada Sekolah Alam Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Tadbir Muwahhid, 3(1), 40
Sidik NH., M. I., & Winata, H. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.
Suanto, E., Armis, A., & Suhermi, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berazaskan Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemahiran Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1300-1310. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.365
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta
Syamsuardi S, Tolla I, Anshari A, Pattaufi P, Hajerah H. The use of audiovisual media and speaking skill development of children aged 5-6 years in kindergartens in South Sulawesi. Proceeding of the International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT) ISBN: 978-623-7496-62-5. 2020.
Taufikurrahman, T., & Nurhaswinda, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Anak didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 1–6
Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. BioMed Research International, 2017, 1-13.
DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v8i2.14727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.